Jumat, 26 Februari 2016

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang

     Salah satu tempat tujuan wisata di Palembang adalah Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu yang teletak di Jl.Kol.H.Burlian, kurang lebih sekitar 6 Km dari jembatan Ampera. Akses menuju Punti Kayu sangat mudah sebab bisa dicapai menggunakan transmusi, angkutan kota maupun bis kota.


     TWA Punti Kayu, pernah dikenal dengan nama Taman Sari atau Taman Syailendra. Punti Kayu sendiri berasal dari bahasa komering, salah satu suku di Sumatera Selatan yang berarti pohon pepaya. Pada masa pemerintahan Belanda kawasan hutan Punti Kayu dinamakan Erpacht Punti Register 51.
      Pada tahun 1985 hutan Punti Kayu pernah dijadikan sebagai hutan percobaan pinus kemudian diubah fungsinya menjadi hutan wisata. Itulah mengapa pohon pinus mendominasi di TWA Punti Kayu.


      Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa TWA Punti Kayu merupakan kawasan hutan konservasi yang dimanfaatkan untuk kegiatan parawisata dan rekreasi. Untuk itu kegiatan parawisata di TWA Punti Kayu tidak boleh bertentangan dengan prisip-prinsip konservasi dan perlindungan alam. Selain sebagai tempat wisata, TWA Punti Kayu mempunyai peranan penting dalam hal ,jasa lingkungan, yaitu sebagai penyerap CO2 dan penghasil O2.



Sumber : Buku "TWA Punti Kayu: Menjaga Keseimbangan Iklim Kota Palembang"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar